Gebyar Vaksin Lansia Sambut Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Di Desa Papayan

Foto bersama lansia yang sudah melaksanakan vaksinasi covid-19.( foto : doc desa )

PapayanPOL – Vaksinasi lansia di Desa Papayan Menyambut Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2021, melalui PKM Jatiwaras  menggelar Gebyar Vaksin Lansia (GVL) bertepatan dengan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 29 Mei. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendorong peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 di kecamatan Jatiwaras

Sumarna ,( Kepala Desa Papayan)  Mengatakan “ Pemerintah Desa Papayan selalu Pro aktif  dalam pelaksanaan bidang Kesehatan apalagi situasi sekarang ini selalu menjalin kerja sama dengan  UPT Puskesmas Jatiwaras , bidan Desa dan  petugas kesehatan desa yang ditugaskan oleh UPT Puskesmas , bahkan kami telah menyiapkan Rumah Isolasi bagi  Masyarakat  , Posko Covid dari tingkat Desa sampai RT sudah terbentuk dan berjalan dengan baik  .  Alhamdulillah saat ini kami diberi tugas dan tanggung jawab   Oleh Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya sebagai Kampung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  ( GERMAS )Tahun 2021 , semoga kami bisa menjalankan semua ini dengan baik , dan kamu ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut serta berperan aktif demi kemajuan desa kami ‘ “ Desa Sehat Dengan Germas  orang Desa Sehat dan Kuat   Lawan Covid 19 “ tuturnya

Kepala UPT Puskesmas Jatiwaras ( Irwan Firmansyah, Sos ), GVL ini  pertama kali dilaksanakan di desa Papayan karena des aini merupakan Desa Binaan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ) . vaksinasi lansia sudah disiapkan.tempat kegiatan  di Posyandu masing masing wilayah . pertama kali pelaksanaan di Posyandu Kenanga 3 Kp Rancasari  yang merupakan daerah yang paling banyak terpapar  Virus Covid 19 “ ujarnya, Kamis  (27/5).

Pelaksanaan Vaksinasi covid-19 di Posyandu Kenanga 3 Kp Rancasari RW 003. ( foto : doc desa )

Menurut dr Nanan Sofiantini “  selain vaksinasi Dinkes juga melakukan pemeriksaan skrining kesehatan bagi lansia sesuai dengan standar pelayanan minimal bagi lansia.

berdasarkan data per 26 Mei 2021 jumlah lansia yang telah disuntik vaksin COVID-19 berjumlah kurang lebih 150 orang. Sementara itu, untuk jumlah keseluruhan warga yang telah mendapatkan vaksin mencapai 383 jiwa. Dari angka itu, terdiri dari Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), lansia serta pelayanan publik.

Yuni Promkes Puskesmas Jatiwaras meminta meskipun sebagian warga telah mendapatkan vaksin, namun protokol kesehatan (prokes) COVID-19 harus tetap dijalankan.

“Tetap mengenakan masker, cuci tangan, jaga jarak harus tetap dijaga. Jangan lupa tetap menjaga imunitas,” simpulnya (29/05/21)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan