Pengertian Malam Nisfu Syaban dan Hikmahnya

PapayanPOL – Dikutip dari buku Taudhihul Adillah 4: Penjelasan Tentang Dalil-Dalil Shalat yang ditulis oleh M. Syafi’i Hadzami (2010: 431), pengertian malam nisfu syaban adalah malam di mana umat Nabi Muhammad SAW bersyukur dengan melakukan berbagai ibadah yang diridhai. Rasulullah SAW bersabda:

Dari Aisyah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla (rahmat-Nya) turun ke langit dunia pada malam Nisfu Sya’ban, maka diberinya ampunan lebih banyak daripada bulu-bulu kambing-nya Bani Kalb” (HR. Ahmad dan ad-Daruqurni).

Bulan Syaban adalah bulan mulia dan penuh kebaikan. Bertaubat pada bulan ini merupakan suatu keuntungan yang sangat besar. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Bulan Sya’ban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

Hikmah Malam Nisfu Syaban

  1. Malam nisfu syaban adalah malam yang berkah dan penuh hikmah
  2. Malam nisfu syaban adalah malam yang mulia setelah malam lailatul qadar
  3. Malaikat-malaikat akan mencatat dan melaporkan amal tahunan pada malam nisfu syaban
  4. Dibukakan 300 pintu rahmat pada malam nisfu syaban
  5. Memperbanyak ibadah, seperti membaca Alquran, dzikir, doa, dan sebagainya.
  6. Nisfu syaban adalah malam yang mustajabah
  7. Para ahli kubur datang ke rumahnya pada malam nisfu syaban **)

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan