Bimtek Pengelolaan Aset Desa Di Kawasan Pancamandala

PapayanPOL – Sesuai dengan Permendagri Tahun 2016 Pasal 1 Tentang Pengelolaan Aset, yang dimaksud Aset Desa adalah barang milik Desa yang berasal dari kekayaan asli milik Desa, dibeli atau diperoleh atasbeban Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) atau perolehan Hak lainnya yang sah. Pengelolaan Aset Desa merupakan rangkaian kegiatanmulai dari perencanaan, pengadaan, penggunaan,pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penghapusan,pemindahtanganan, penatausahaan, pelaporan,penilaian, pembinaan, pengawasan dan pengendalianaset Desa.

Bimbingan Teknis dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papayan pada Sabtu, (04/01/20) yang dihadiri oleh 5 Desa yang ada di kawasan Pancamandala, Desa Papayan, Mandalahurip, Kertarahayu, Ciwarak dan Kaputihan. masing -masing desa mengiri 5 pewakilan yang terdiri dari Sekdes, Kasi, Kaur umum, dan Kepala Wilayah. Dalam kegitatan ini hadir pula Kabag Pemdes Kabupaten Tasikmalaya sebagai narasumber,camat jatiwaras beserta staff dan para Kepala Desa.

Menurut pak Eko, Kabag Pemdes mengatakan”Aset Desa ini wajib dicantumkan ke RPJMDes sedetail mungkin termasuk nilai harga pada waktu itu”. “Pada akhir jabatan Kepala Desa, Wajib dalam LKPDes, Kepala Desa dan BPD Harus menyampaikan Data Aset dan Data Sarana Prasarana pada waktu menjabat”.

“Pendataan Aset Desa ini harus benar-benar di data secara tersusun, terutama Tanah Kas Desa. Pendataan Tanah Kas Desa harus dimulai dengan Pengukuran, Pernyataan diatas materai ( berita acara ) serta pembutan SK Kepala Desa”tambahnya.(07/01/2020)

Facebook Comments