Sosialisasi GERMAS Bersama Kader Posyandu

PapayanPOL – GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ) adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat. (sumber : promkes.kemkes.go.id)

Peserta Sosialisasi GERMAS dan Pelatihan Kader Posyandu. ( foto by Ari21 )
Narasumber dari Staff Puskesmas Jatiwaras beserta Camat Jatiwaras, PJ Kepala Desa dan Sekdes Papayan. ( foto by Ari21 )

Kegiatan yang dihadiri oleh staff Puskesmas Jatiwaras sebagai narasumber, Camat Jatiwaras, Ketua BPD,LPM,MUI, Calon Kepala Desa Terpilih,Kader PKK, dan Kader Posyandu dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papayan pada, selasa (19/11/19). selain mengenalkan tentang GERMAS, Juga dilaksanakan Pelatihan Kader Posyandu. Beberapa Tema yang dibahas mengenai masalah stunting dan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ).

Menurut salah satu staff Puskesmas Jatiwaras, Restu (27) sosialisasi ini sangat terutama buat orang -orang yang berkerja di bidang kesehatan seperti ibu-ibu kader posyandu, nntinya mereka bisa mensosialisasikan kepada masyrakat di wilayah posyandu masing-masing. beliau juga menjelaskan tentang 7 langkah GERMAS untuk hidup yang lebih sehat. diantaranya :

1. Melakukan Aktivitas Fisik seperti bekerja dan berolahraga yang teratur

2.Makan Buah dan Sayur

3. Memeriksa Kesehatan Berkala

4. Peningkatan Kualitas Lingkungan

5..Tidak Merokok

6.Tidak Mengkonsumsi Alkohol

7.TMenggunakan Jamban

Secara umum GERMAS bertujuan untuk bagaimana menjalankan hidup lebih sehat, agar terhindar dari resiko penyakit yang bebahaya. Gaya hidup yang sehat tentunya memberikan banyak manfaat, seperti membuat kita berhemat dari biaya untuk biaya berobat ketika kita sakit. dengan kegiatan ini, mudah-mudahan bisa meningkatkan perilaku kehidupan masyarakat yang sehat dan Bersih.(21/11/19)