Bermodalkan Bambu,IPAL Seberat 4,5 Ton Berhasil Diangkat Warga Dengan Lancar

PapayanPOL – Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) (wastewater treatment plant, WWTP), adalah sebuah struktur yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain. Fungsi dari IPAL mencakup,Pengolahan air limbah pertanian, untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian,Pengolahan air limbah perkotaan, untuk membuang limbah manusia dan limbah rumah tangga lainnya,Pengolahan air limbah industri, untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.( sumber : Wikipedia).

Pengambilan IPAL dari Truck dengan ditarik tambang yang dibantu oleh ban bekas. foto : Doc Desa
sampe larut malam warga masih mengevakuasi IPAL yang ditarik tambang dengan menggunakan bambu. foto : Doc Desa

Pembangunan MCK dan IPAL di Kp Margahayu RW 008 dimulai sekitar 2 bulan yang lalu. saat ini progres pembangunan tinggal 10 % saja. Pada hari Senin, 11/11/19 IPAL yang ditunggu-tunggu datang dengan diangkut oleh Truck Tronton. IPAL yang diperkirakan berat nya 4,5 Ton langsung diturunkan oleh warga dengan ditarik oleh tambang dibantu ban bekas. Dengan Jarak tempat pembangunan IPAL yang jauh warga dari jalan, warga bergotong royong mengangkat IPAL yang cukup besar hanya dengan menggunakan bambu, batang pohon jambe dan tambang.

Jalur yang dilewati nya pun cukup curam dan terjal. dengan melewati pesawahan dan pohon-pohon kiray yang cukup banyak. walapun sampe malam hari ,dengan semagat gotong royong warga tidak kelelahan dan berhasil menempatkan IPAL ditempatnya dengan lancar tanpa hambatan.

Pak Endang selaku Ketua RT sekaligus Ketua Panitia Pembangunan mengatakan, “saya sayang berterima kasih kepada warga yang ikut berpartisipati dalam menurunkan IPAL, saya sangat terharu dengan tidak ada kata lelah meraka terus berjuang walau jalur nya cukup berbahaya”. “Mudah-mudahan dengan ada nya Pembangunan MCK dan IPAL ini bisa meningkatkan perekonomian serta kesehatan warga kami”tambahnya.(14/11/19)