Perluasan Saluran Pamsimas Bagi Warga Kp Rancasari RW 002

PapayanPOL – Musim kemarau kini sedang melanda wilayah Indonesia. Sebagian besar wilayah desa papayan juga sudah kesulitan air bersih. sudah beberapa bulan hujan pun tak kunjung turun. dampaknya sumber air menyusut, kekeringan melanda sehingga tanaman-tanaman banyak yang mati dan tidak tumbuh.

Pengecekan Pipa air yang mengalir ke salah satu rumah warga. foto : doc desa
Pengecekan Parameter pengunaan air. foto : doc desa

Untuk mengatasi hal tersebut Desa Papayan mendapat Bantuan Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( PAMSIMAS ). Program ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas warga masyarakat yang kurang terlayani sehingga mereka mendapatkan kualitas air yang bersih. Sudah 2 tahun program ini berjalan di Desa Papayan. dengan PAMSIMAS sangat membantu masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari terutama di musim kemarau.

Gotong Royong pembangunan bak penampung tangki air. foto : doc desakemarau.

Dengan Jarak yang terbatas, awalnya program ini hanya menjangkau dua RW yaitu 003 dan 001 dengan Bak Penampungan air terletak di RW 003. Seiring berjalannya waktu, banyak masyarakat yang ingin ikut memasang seperti warga Kp Rancasari RW 002 yang kebetulan jarak nya masih bisa dijangkau. Dengan biaya dari Swadaya Masyarakat , mereka bergotong royong membangun bak penampungan tangki air dan langsung memasang pipa air ke setiap rumah warga yang memasang. saat ini sudah ada 43 kk yang ikut memasang saluran air. Dengan tangki sebanyak 3 buah, saat ini air bersih sudah berhasil mengalir dengan lancar.(01/10/2019)

 

Facebook Comments