Mari Kita jadikan Kecamatan Jatiwaras Sebagai Sentra Buah Manggis

Pj Kades Papayan ( Susilawati, Sos ) Menyerahkan Bibit Pohon Manggis

PapayanPOL – Sudah kita ketuhai bersama, bahwa Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu penghasil buah manggis terbesar. Dengan sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani, tidak heran kalau Kabupaten Tasikmalaya banyak menghasilkan komoditi dari sayuran maupun buah-buahan. Salah satunya dari sector buah manggis. Jatiwaras merupakan Kecamatan di kabupaten tasikmalaya yang tiap tahunya selalu konsisten mengimportir buah manggis ke daerah Kota tasikmalaya.

Dengan begitu, Pemerintah Desa Papayan memasukan sebagian Anggaran Desa dalam bidang pembangunan desa lainnya dengan pengadaan bibit pohon manggis. Sebanyak 2000 bibit telah tersedia di halaman kantor desa sejak hari senin, (12/11/18). Tujuan dari pengadaan bibit ini, tidak lain untuk meningkatkan perekoniman warga di bidang pertanian agar nantinya bisa mengolah hasilnya sendiri tanpa mengimpor ke luar daerah.

“Sekdes Papayan, Endang Mulyana (40) mengatakan “Nantinya bibit pohon manggis  akan dibagikan merata ke  setiap Kepala Keluarga  Pengadaan bibit ini sengaja kami masukan dalam APBDes mengingat begitu besarnya potensi buah ini”. “Harapan agar setiap kepala keluarga benar-benar memanfaatkan kesempatan ini ”tambahnya.

bibit pohon manggis yang sudah tersedia di halaman kantor desa. ( foto by ari )

Menurut Camat Jatiwaras (Drs H Enong Mawardi Yajid )   ” Program ini merupakan salah satu Program Unggulan di kecamatan Jatiwaras Sebagai Sentra Buah Manggis dan Durian , semoga desa desa yang lain bisa mengikuti kegiatan ini ” tuturnya. (22/11/18)

Facebook Comments