Program Posluhdes Gunakan Teknologi Masa Kini

PapayanPOL – Pos Penyuluhan Desa atau disingkat Posluhdes merupakan program dari dinas pertanian yang berada di wilayah kelurahan atau desa, bertujuan untuk meningkatkan sektor pertanian, interkasi petani dengan penyuluh, serta memudahkan penyuluh mengidentifikasi masalah-masalah dalam pertanian. Salah satu kegiatan nya adalah melakukan video conference yang dilakukan oleh Gapoktan Desa Papayan dengan salah satu desa yang bertempat di Kantor Desa Papayan, Jum’at (09/11/18)

Ketua Posluhdes Ibu Rini (Pake kerudung kuning) sedang melakukan perbincangan dengan camat jatiwaras. ( foto by ari )
Anggota Gapoktan Desa Papayan. ( foto by ari )

Dengan seperangkat alat komputer dan Video Conference yang didapatkan dari Bantuan Provinsi Jawa Barat, tentunya Program ini sangatlah didukung oleh pemerintah pusat. Dalam kegiatan ini gapoktan melakukan video conference dengan posludes Desa Cintaraja kecamatan singaparna, dengan saling berbagi pengalaman tentang produk unggul yang ada di desa masing-masing.

Menurut Ketua Posluhdes, Ibu Rini Masdaini (35) mengatakan “Dalam awal terbentuknya Program Posluhdes ini yaitu sekitar tahun 2012 yang lalu, kegiatannya sempat vakum atau jarang mengadakan kegiatan sekitar 5 tahun dikarenakan minimnya komunikasi teknologi dan kesadaran dari anggotanya masih kurang aktif, akan tetapi

Contoh obat yang akan digunakan untuk mempercepat tanaman. ( foto by ari )

tahun ini alhamdulliah berjalan lagi dengan didukungnya bantuan perangkat IT dari pemerintah memudahkan untuk berbagi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pertanian”. “nantinya kegiatan perkumpulan akan dilakukan setiap hari Selasa dan Jum’at dengan melakukan Video Conference”,tambahnya.

Untuk rencana kedepan Posluhdes akan memanfaatkan lahan yang kosong yang ada di belakang kantor desa papayan untuk ditanami pohon pepayan. Program pun akan berkelanjutan tidak hanya menanam tanaman saja, tetapi menciptakan produk asli desa yang unggul di pasaran agar perekonomian warga desa ikut meningkat serta menyedikan pupuk atau pun obat untuk mepercepat pertumbuhan tanaman.(10/11/18)

Facebook Comments