Makanan Khas Yang Bikin Papayan Makin Hitz

PapayanPOL – CIHU (Aci dan Tahu) merupakan makanan cemilan yang bikin papayan melejit. Cemilan yang terbuat dari Aci dan Tahu ini tidak bisa dipungkiri bahwa rasanya memang enak dengan harga yang masih terbilang murah, peminatnya pun banyak mulai dari  anak-anak , kaum muda bahkan manula.

Bentuk cihu yang belum di goreng. ( foto by google )

Konsep dari makanannya cukup sederhana, tahu jadi sebagai bahan dasar yang dibalut dengan tepung kanji atau dikenal aci (dalam bahasa sunda ) yang diberi bumbu rempah-rempah. Seperti layaknya cireng, bentuknya segitiga lonjong. Jika biasanya cireng diberi bumbu kacang dan Caos, maka cihu dapat dinikmati dengan bumbu Atom dan cabe bubuk Aida dengan rasanya yang superpedas yang khas Papayan. Cemilan ini juga bisa dijadikan sebagai pendamping makanan seperti bakso, mie ayam, seblak, bahkan nasi.

Awalnya pabrik cihu di papayan hanya ada satu yang tempatnya tepat berdekatan dengan desa papayan dengan pemilik yang bernama Ibu Suryati .seiring berjalannya waktu makin banyak masyarakat yang membuka pabrik cihu sendiri dengan memiliki pegawai sebanyak 2 orang. Produk cihu ini sangat booming dikaum anak SMP dan SMA sehingga banyak dari luar daerah Papayan seperti dari kota Tasikmalaya bahkan luar provinsi jawa barat pun yang meminta dikirim barang untuk dijual kembali. CIHU ini dijual dengan harga 200/biji,murah kan?itu sebabnya cihu itu sendiri banyak diminati oleh banyak orang plus dengan rasa yang lezat juga bikin ketagihan.(05/11/18)

Facebook Comments