Pelatihan Sistem Informasi Desa Tahap II Bersama Kepala dinas BPBD Kab Tasikmalaya

PapayanPOL – Setelah selesainya Pelatihan tentang sistem informasi desa pada tahap I yang berakhir 1 bulan yang lalu, Pelaksanaan pelatihan kembali dilaksanakan dengan tahap II yang dimulai pada tanggal 29 – 30 Oktober 2018 dengan peserta dari gelombang 3 yang terdiri kecamatan jatiwaras, salopa, padakembang, sodonghilir, Kadipaten, dan Tanjungjaya. Tempat Pelatihan masih di Desa Mandalamekar tepatnya di Bale sawala dan SMK Putra Karya Manggala yang berdekatan denga Kantor Kawasan Pancamandala.

Pandu desa sedang belajar tentang aplikasi sideka pada tahap II.( foto by ari )

Pada hari pertama, kegiatan dibuka oleh direktur BP2DK selaku menyelenggara kegiatan, yaitu Bapak Irman dengan memberikan pengarahan dan evaluasi kinerja pandu desa semenjak berkahirnya pelatihan tahap I. Selain itu, dia juga memberikan motivasi agar setiap pandu desa nantinya benar-benar berperan aktif dalam program-program yang ada di desanya masing-masing.

Di hari kedua Pelatihan, Kepala Dinas BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah )  Kabupaten Tasikmalaya, Pa H.Wawan Efendi,SE.MM mengunjugi kegiatan ini. maksud

kecamatan jatiwaras berfoto bersama Kadis BPBD Kab Tasikmalaya ( berdiri pake baju hitam ). ( foto by doc kegiatan )

beliau datang,yakni ingin menjelaskan paparan materi yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas BUMDES. Dia mengatakan BUMDES merupakan potensi yang sangat diharapkan untuk meningkatkan peekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Desa. Untuk itu manajemen BUMDES harus terjaga agar tidak terjadi penggunaan yang menyeleweng seperti jatuh pada pihak ke 3. selain itu juga, menjelaskan sedikit tentang penganggulangan dini terhadap bencana gempa dan tsunami seperti yang terjadi di Donggala dan Palu dengan memperlihatkan simulasi penanggulangan bencana gempa dan Tsunami dari BPBD dengan bertempat di Pantai Sindangkerta. di akhir tiap kecamatan berfoto bersama Kadis BPBD tersebut.(30/10/18)

Facebook Comments