Peringatan Bagi Masyarakat yang Belum Melakukan Perekaman E-KTP

PapayanPOL – Kartu Tanda Penduduk elektronik, e-KTP atau KTP-el adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. Program KTP-el diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Program KTP-el di Indonesia telah dimulai sejak tahun 2009 dengan ditunjuknya empat kota sebagai proyek percontohan nasional. Adapun keempat kota tersebut adalah Padang, Makasar, Yogyakarta dan Denpasar.Sumber : Wikipedia.

Surat Pemberitahuan perekaman KTP-el DARI Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya. ( foto by ari )

Dimasa yang semakin modern, E-KTP sangatlah perlu untuk dapat menciptakan sistem administrasi kependudukan yang rapi dan teratur dalam rangka mempermudah pemberian pelayanan publik oleh pemerintah kepada seluruh masyarakat. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) mengeluarkan surat edaran pemberitahuan kepada masyarakat yang belum mempunyai e-ktp dan belum melakukan perekaman. Berikut isi dari surat Edaran Pemberitahuan Tersebut ;

1. Mengembalikan KTP el yang tidak terpakai dikarenakan ada perubahan elemen data maupun KTP el yang double cetakan hasil percetakan PRR ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya paling lambat tanggal 30 September 2018.

Antrian panjang di kantor disdukcapil, masyarakat yang ingin melakukan percetakan KTP-el. (foto by ari )

2. Melaksanakan perekaman kepada penduduk usia 17 tahun atau pemilih pemula dan penduduk usia diatas 23 tahun/non pemilih pemula yang belum melaksanakan perekaman bagi penduduk usia diatas 23 tahun yang belum melaksanakan perekaman sampai dengan tanggal 31 Desember 2018 maka datanya akan di NONAKTIFKAN.

3. Mensosialisasikan kepada masyarakat yang belum mempunyai Akta kelahiran khususnya usia 0-18 tahun 0- 18 tahun, agar segera membuat Akta Kelahiran.

setelah keluarnya surat dedaran tersebut, pemdes papayan segera langsung mensosialisakan kepada masyarakat melalui kepala wilayah. banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya KTP-el ini sehingga mereka berbondong2 membuatnya langsung ke Disdukcapil.(26/10/18)

 

 

 

Facebook Comments