Insiden Kecil Nyaris Gagalkan Peringatan Hari Santri Nasional

PapayanPOL – Meski hari Santri Nasional tahun jatuh pada hari senin, 22 Oktober 2018, namun pesta perayaan nya sudah dilakukan terlebih dahulu dengan perlombaan liwet yang diikuti oleh para santri dari pesantren serta pemerintah desa se-kabupaten tasikmalaya bertempat di area komplek gedung bupati,sabtu(19/10/18).

peserta dari kelompok santri sedang persiapan sambil menunggu aba-aba dimulainya acara. (foto by ari )

Sejak pagi hari sekitar pukul 06.30 peseta perlombaan sudah memadati area kegiatan yang sudah disediakan oleh panitia. kala itu cuaca sangatlah cerah dengan hembusan angin yang cukup segar, jauh dari polusi. terdapat lebih dari 2800 tungku tempat untuk menanak nasi liwet yang disediakan oleh panitia. tidak ketinggalan pemdes papayan sendiri mengirim semua staff nya untuk menghadiri acara tersebut dengan menyediakan 5 kastrol. tepat pukul 09.00 bunyi serine terdengar yang menandai para peserta boleh memulai memasak nasi liwet. kejadian tak terduga terjadi ditengah para peserta sedang memasak nasi, cuaca pun berubah menjadi mendung, awan gelap pun berkumpul tepat diatas area kegiatan  perlombaan. hujan girimis pun turun, keadaan ini membuat para peserta panik seketika, namun beberapa saat kemudian gerimis pun pergi dan cuaca kembali cerah.

Pemdes papayan sedang memasak nasi liwet. ( foto by ari )
santriwan yang sedang memasukan bumbu liwet. ( foto by ari )

beberapa kejadian unik yang lainnya ketika peserta dari kelompok pemerintah desa yang sedang memasak nasi liwet, gagal karena bambu penyangga kastrol roboh yang menyebabkan tumpah dan harus memulai dari awal. terlihat juga dari kelompok santriwan dan santriwati yang mengikuti perlombaan sangatlah antusias, bagi mereka hal ini sudah biasa, karean tiap hari nya mereka selalu masak nasi liwet. Panitia juga menyediakan hadiah bagi mereka yang nasi liwetnya terasa enak dan tersusun rapi. Dalam pelaksanaannya, Kegiatan lomba nasi liwet juga memecahkan rekor MURI nyaitu memasak nasi liwet terbanyak. Diharapkan nantinya kegiatan ini berkelanjutan terus tiap tahunnya agar terjalin silaturahmi antar sesama muslim.(22/10/18)

 

Facebook Comments