Rekomendasi Senam Hamil Buat Calon Mamah Muda

PapayanPOL – Kelas ibu Hamil menjadi prioritas program yang dilaksanakan oleh bidan yang ada di Desa Papayan. salah satunya dengan Melakukan senam khusus buat ibu hamil. Senam ini dilakukan secara rutin dengan instruksi langsung dari Bidan Desa yang dibantu oleh Asistennya bertempat di Aula Kantor Desa Papayan,Sabtu(06/10/18).

pengarahan dari bidan desa ibu Aam Sumaryani, Am.Keb sebelum melakukan senam hamil. (foto by arie )

Rata-rata usia kehamilan yang mengikuti senam ini antara 5 sampai 7 bulan. Jika melihat masa kehamilan yang memasuki bulan tersebut, rasanya seperti tak mungkin lagi untuk melakukan banyak aktifitas fisik yang menguras tenaga. Perut  yang sudah semakin membesar, nafas ngos-ngosan, dan kaki pegal-pegal, Otomatis semua gerakan seakan menjadi melambat dan melemah. Padahal jika tidak bergerak aktif di masa kehamilan justru dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan mempersulit proses persalinan. Untuk itulah mengapa senam hamil ini perlu dilakukan.

salah satu pergerakan dasar dalam senam hamil dengan meluruskan kaki guna menguatkan otot paha. ( foto by arie )

“Dengan melakukan Senam ini tentu nya sangat membantu memperlancar sirkulasi darah dan memperlancar proses persalinan tiba, terlebih buat calon ibu-ibu muda yang baru mengalami kehamilan sangat dianjurkan melakukan senam hamil” ujar bidan desa ibu Aam. Senam ini lakukan secara langsung dan dibantu oleh video yang sudah disedaikan dengan gerakan dasar seperti melakukan duduk bersila untuk melatih pernapasan dan tidur sambil mengangkat  pinggul guna menguatkan otot. selain itu, ibu hamil juga harus tetap menjaga konsumsi secara teratur dan terpilih agar tetap bugar dan tidak mengalami kelelahan.(11/10/18)

Facebook Comments