Ketegangan Dalam Pelaksanaan Pelatihan Design Grafis dan Sablon

PapayanPOL – Untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia masyarakat, khususnya Karang Taruna Desa, Pemerintah Desa Papayan melaksanakan Pelatihan Design Grafis dan Sablon yang bertempat di Aula Kantor Desa Papayan dengan diikuti oleh setiap taruna yang ada di setiap ke-RWan,Selasa(18/09/20).

Perkenalan bahan-bahan yang digunakan untuk menyablon oleh narasumber. ( foto by ari )
Pak Gian, salah satu narasumber sedang menjelaskan proses pencampuran cat. ( foto by ari )

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam kegiatan ini hadir juga camat Jatiwaras, kades Papayan, ketua BPD,dan LMP. Semua aparatur desa pun turut ikut serta mengikuti pelatihan dari awal dengan penuh semangat. Pelatihan yang bekerja sama dengan perusahaan percetakan ternama yang ada di kota tasikmalaya bernama FAST berlangsung dengan lancar dan penuh dengan tawa. dimulai sambutan dari Kepala Desa Papayan, Camat Jatiwaras dan Ketua BPD.

Proses penyablonan. ( foto by ari )

Pelatihan dimulai dengan penjelasan materi dan pengenalan bahan-bahan yang akan digunakan untuk menyablon. Menurut salah satu Narasumber Pelatihan, Pak Gian Abdul Aziz (30), “Saya sangat senang dan bangga bisa berbagi ilmu dengan pemuda desa yang masih muda dan cukup berpotensi, berbeda jauh di daerah tempat tinggal saya, untuk mencari ilmu seperti ini, para pemuda harus bayar mahal dengan mengikuti bimbel ,sangat beruntunglah kalian yang tinggal di pedesaan.”

tampak depan hasil sablon. (foto by ari )
tampak belakang hasil sablon. (foto by ari )

 

 

 

 

 

 

 

Setelah menjelaskan materi desain grafis dan sablon, tibalah para peserta untuk melaksanakan praktek penyablonan. akan tetapi suasana berubah sunyi ketika mengetahui bahwa akan terjadi pemadam listrik bergilir. semua peserta pun menjadi tegang dan gelisah. benar saja, beberapa menit kemudian listrik pun padam. Pelatihan terhenti sekitar 15 menit sebelum dilanjutkan dengan menggunakan mesin diesel. Penyablonan akhirnya dilaksanakan dengan lancar dan penuh semangat, sehingga hasilnya pun cukup memuaskan. Diharapkan setelah melaksanakan Pelatihan nantinya bisa menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat guna meningkatkan perekonomian pribadi dan masyarakat sekitar.(22/09/18)

 

 

Facebook Comments