Pembangunan Dana Desa Tahap II

PapayanPOL – Di pertengahan tahun 2018 desa papayan terus berusaha langsung melakukan pelaksanaan pembangunan desa terutama infrastruktur dasar. sudah 2 (dua) kegiatan yang tercantum di APBDes tahun 2018 dilaksanakan dengan baik dan lancar dengan bersumber dari Dana Desa yang berjumlah Rp 1.018.889.800, diantaranya :

  1. Hotmix Jalan Mandalasari
Pengaspalan Jalan Lingkungan Kp Rancasari RT 01 RW 03. ( foto dokumen desa )

Jalan ini terletak di Kp Rancasari RT 01 RW 03. dengan Dana sebesar Rp 61.873.300 pembangunan jalan ini telah selesai dilaksanakan. Jalan ini merupakan jalan utama yang sering dilalui oleh warga setempat dalam melakukan berbagai aktivitas perekonomian. tidak hanya itu, jalan ini menjadi jalur alternatif penghubung dua kampung. Keberadaan jalan ini menjadi prasyarat untuk menyalurkan hasil bumi ke luar desa dan sebaliknya menyalurkan barang dan jasa bagi kebutuhan warga desa.

2. Penyertaan Modal BUMDes

Tampak depan Toko mini market BUMDes RAKSA JAYA.( foto by arie )
barang yang sudah ada di toko Mini Market BUMDes RAKSA JAYA. ( foto by arie )

BUMDes sebagai badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa. Karena itu, kata dia, pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.Di Desa Papayan sendiri, kegiatan BUMDes dialokasikan dengan membangun toko mini market dengan biaya Rp 131.179.150. toko ini juga terletak di depan Kantor Desa Papayan dengan nama “RAKSA JAYA”.

Dalam penggunaan dana desa ini menjadi perhatian semua kalangan, karena harus tepat sasaran dan pelaksanaannya diketahui oleh semua masyarakat. dengan penggunaan dana desa yang diprioritaskan untuk pembangunan infrastuktur dan pemberdayaan masyarakat ini, diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.(04/07/18)

 

 

Facebook Comments