Pentingnya Transparansi Penggunaan APBDes

PapayanPOL – Dengan semakin maraknya penyelewengan penggunaan Dana Desa yang dilakukan oleh beberapa Desa di indonesia, membuat Kepala Desa Papayan terus menghimbau kepada staff nya supaya terbuka nya setiap aktivitas yang berhubungan dengan Dana Desa. Dalam setiap tahunnya Pemdes Papayan selalu memampangkan Laporan Anggaran di papan yang ada di dalam desa, maupun dalam spanduk yang berukuran besar.

Papan Laporan APBDes Papayan yang dipampangkan di ruang depan Kantor Desa. (foto by Arie)

Alokasi Dana Desa yang diturunkan dari pemerintah pusat maupun APBN Kabupaten ini harus diumumkan secara detail pada publik, khususnya warga desa. Hail ini berguna untuk menghindari penyelewengan dana desa serta agar pelaksanaan pembangunan di desa dapat dipantau secara langsung oleh semua masyarakat, sehingga pandangan masyarakat kepada Pemerintah desa tidak bersifat negatif.

Kepala Desa Papayan sedang menandatangani APBDes tahun 2018 . (foto by arie)

“Kita harus terus menjaga Dana Amanah ini, Dana Desa ini dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat, pembangunan infrastuktur, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat dalam hal peningkatan sumber daya manusia, serta meningkatkan perekonomian warga,”Ujar Kades Papayan.

Terkait dengan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dalam penggunaannya harus benar-benar terperinci dan hati-hati dengan penuh tanggung jawab yang tinggi sehingga pelaksanaannya tetap sasaran. Alhamdulliah setiap tahunnya Desa Papayan sudah menerapkan supaya terbukanya dalam Penggunaan Dana Desa ini.(16/03/18)

 

Facebook Comments