Kartu Tani Sudah Dibagikan, Akankah Membantu Meringankan Beban Petani ??

PapayanPOL – Kartu Tani merupakan Kartu debit BRI co-branding yang digunakan secara khusus untuk membaca alokasi Pupuk Bersubsidi dan transaksi pembayaran Pupuk Bersubsidi di mesin Electronic Data Capture (EDC) BRI yang ditempatkan di Pengecer serta dapat berfungsi untuk melakukan seluruh transaksi perbankan pada umumnya.(sumber : http://biroinfrasda.jatengprov.go.id )

Verifikasi data penerima sekaligus pembagian Kartu Tani. ( foto by Arie )

Kartu tani ini hanya bisa dimiliki oleh seseorang yang benar-benar petani dan sudah dinyatakan statusnya melalui proses verifikasi data yang dilakukan sebelumnya. Dengan kartu ini nantinya para petani bisa mendapatkan pupuk yang bersubsidi. selain itu, para petani juga bisa mengajukan kredit ke bank pada program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sebagainya. Pemerintah mengharapkan supaya pendistribusian pupuk kepada masyarakat tidak nyasar lagi atau disalahgunakan oleh pihak terkait.

Sosialisasi Kartu Tani yang dilaksanakan di Kp Cihaur RW 006. ( Foto by arie )

Di desa papayan kartu tani sudah di sosialisasikan kepada masyarakat yang berhak menerima nya. Contohnya di Dusun Cihaur  RW 005 dan 006. Menurut Kepala Wilayah Dusun Cihaur, Ali Ibrohim (50) “semenjak dibagikanya kartu tani ini, saya langsung membagikanya kepada masyarakat dan langsung dilakukan sosialisasi agar nantinya para petani tidak bingung menggunakan kartunya,”ujarnya. “Kami sangat senang dengan program kartu tani ini, mudah-mudahan bisa meringankan beban kami,”tambah salah satu petani.(10/03/17)

Facebook Comments