Irigasi Rusak, Warga Bergotong Royong Perbaiki Secara Mandiri

PapayanPOL – Sudah Jatuh, Tertimpah Tangga Pula. Mungkin itu istilah yang pantas untuk warga yang tinggal di sekitaran Dusun Margahayu RT 002 RW 004 Desa Papayan. Hujan deras yang terjadi dari pagi sampe sore mengakibatkan terjadi bencana longsor. Dari bencana longsor tersebut mengakibatkan saluaran irigasi di daerah tersebut tertimbun tanah. Selain itu sebagian sawah warga juga ikut tertimbun, Jum’at (15/12/17).

Tanah Longsor yang Mengakibatkan Saluran Irigasi Tertimbun Tanah ( foto : Dokumen Desa )

Bagi warga sekitar, irigasi ini sangatlah penting karena digunakan untuk mengairi sawah sekitar 60 hektar. Selain mengairi  Sawah, Irigasi tersebut digunakan untuk kegiatan beribadah yang mengalir langsung ke masjid Jami DKM Margahayu , juga untuk kebutuhan sehari hari masyarakat sekitar. irigasi ini merupakan satu-satunya saluran air yang digunakan warga untuk megairi sawah mereka. Mereka membangun irigasi dengan dana swadaya masyarakat. Dengan kata lain mereka membangun sendiri tanpa ada bantuan dari dinas terkait.

Warga sedang bergotong royong memperbaiki irigasi ( foto : Dokumen Desa )

Secara gotong royong masyarakat memperbaiki saluran irigasi agar aliran air yang putus  akibat longsor dengan menggunakan Viva paralon , namun karena kondisi tanah yang labil  hanya bertahan beberapa hari dan pada tanggal 1 Januari 2018 terjadi longsor  lagi sehingga aliran air putus Total. Sampai saat ini masyarakat sekitar terus berusaha memperbaikinya dengan bahan yang seadanya. Mudah-mudahan ke depannya ada bantuan dari Dinas terkait yang dapat meringankan beban masyarakat sekitar, dikarenakan begitu pentingnya irigasi tersebut. (03/01/18)

Facebook Comments