Serah Terima Pekerjaan Pamsimas

Tim dari Pamsimas beserta anggota nya yang di dampingi oleh sekdes papayan sedang melakukan uji coba air di salah satu saluran. ( foto dokumen desa )

PapayanPOL – Program Pamsimas adalah salah satu program andalan Pemerintah di dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat. Sejak Program Pamsimas mulai dilaksanakan pada tahun 2008 hingga akhir tahun 2015, telah menunjukkan adanya dampak positif bagi masyarakat desa Pamsimas yang tersebar di sekitar 12.000 desa di 233 Kabupaten/Kota di 32 provinsi di Indonesia, kecuali DKI Jakarta. Sebagai program stimulan dengan pendekatan berbasis masyarakat, Program Pamsimas menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus sebagai penanggungjawab pelaksanaan kegiatan.

Program Pamsimas kembali akan dilaksanakan pada tahun 2016-2019 yang merupakan kelanjutan Program Pamsimas 2008-2015, sebagai instrumen pelaksanaan dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi yang layak dan berkelanjutan, yaitu (1) 100%-100% akses air minum dan sanitasi, dan (2) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Desa Papayan adalah salah satu desa yang mendapatkan Program Pamsimas Tahun 2017 . Alhamdulilah berkat kerjasama berbagai pihak program tersebut telah selesai dilaksanakan , pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2017 dilaksanakan serat terima pekerjaan dari Tim PPK ( Pejabat Pembuat Komitmen ) yang di Pimpin Oleh Bp Ir H Agus Sutedja,  MM  kepada pemeritah Desa Papayan yang diwakili oleh Endang Mulyana (Sekretaris Desa) , selanjutnya diserahkan ke KKM dan BP SPAM.

Menurut Ir H Agus Sutedja,MM “  Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Pamsimas di desa Papayan  sudah sesuai dengan aturan yang telah  di tetapkan , tinggal menambah sedikit sedikit di administrasi dan pembukuan terutama Peraturan Desa sebagai payung hukum nya  . dan diharapkan untuk penambahan jaringan untuk tahun depan “  tuturnya !

Menurut Endang Mulyana ( Sekdes) “ Program Pamsimas ini sudah lama dinantikan oleh Masyarakat Desa Papayan terunama kampung Demunglandung Dan Rancasari , karena setiap musim kemarau daerah tersebut selalu kekurangan air bersih. Dan untuk penambahan Jaringan  Pemerintah Desa Papayan  sudah menyiapkan Anggaran Tahun 2018  dan sudah masung di Rancangan Anggaran Pendapatan Dan belanja Desa (RAPBDES Tahun 2018 )  “Tuturnya

Acara tersebut dihadiri oleh Tim  Fasilitaror Kabupaten yakni Apep Khaeruman , Budiana soleh dan Anita Kesumawati serat dihadiri oleh pengurus KKM , BP SPAM serta perangkat Desa. (22/12/17)

 

Facebook Comments