Menggali Potensi Pariwisata Di Pedesaan

PapayanPOL –  Desa adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia dibawah Kecamatan yang dipimpin oleh Kepala Desa. Sebuah desa merupakan kumpulan dari beberapa unit permukiman kecil yang disebut kampung (Banten, Jawa Barat) atau dusun (Yogyakarta). Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Desa.

Desa Papayan merupakan suatu desa yang berada di kecamatan jatiwaras. Secara geografis terletak di sebelah utara ibu Kota Kecamatan yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Tasikmalaya dengan jarak dari Ibu Kota Kecamatan sekitar 5 Km , dari Ibu Kota Kabupaten 20 Km, sedangkan dari Ibu Kota Propinsi sekitar 225 Km. Dengan kata lain Desa Papayan Berada di suatu desa Pedesaan yang masih jauh dari kata moderenisasi. Bicara soal Pariwisata sendiri, di Desa Papayan sudah ada salah satu objek wisata religi yaitu bernama Makom Bumi Rongsok. Sampai saat ini, Objek wisata ini mulai di kenal dan diketahui oleh warga luar desa bahkan Luar kabupaten Tasikmlaya. Sebenarnya masih banyak Potensi-Potensi Wisata yang ada di Desa Papayan jika benar-benar mengolahnya.mari kita liat Potensi Wisata apa saja yang ada di Desa Papayan,

  1. Sungai Ciwulan

Sungai ini terletak di sebelah barat desa papayan berbatasan dengan Kecamatan Jatiwaras. Sungai yang menbentang dari Kota tasikmalaya ini mengalir megikuti ruas jalan Raya Cipatujah – Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Dengan Arus yang cukup besar, Potensi dari ciwulan ini bisa dijadikan objek wisata Arum Jeram. Jarak yang cukup dekat dari ruas jalan Raya Papayan – Cikatomas juga memudahkan dalam perjalan menuju sungai. Dengan dijadikan nya wisata, nantinya bisa meningkatkan Penghasilan dari segi Pariwisata. Sampai saat ini, sungai ciwulan belum tergali secara maksimal. Masih banyak kendala yang menghambat dalam upaya menjadikanya potensi wisata, selain masih ada sampah rumah tangga yang berserakan di sungai, juga belum adanya dukungan dari dinas terkait.

2. Pesawahan

Dengan hamparan pesawahan yang sangat luas dan berjajar rapih, sebenarnya merupakan potensi besar untuk dijadikan wisata pedesaan. Salah satunya dengan menjadikan Wahana Berbagai macam permainan Outbond yang bersifat Outdoor. Diantarnaya wisata terjun bebas (Oubond) dari Ketinggian. Semakin banyak nya wisata alam yang ada di Kabupaten Tasikmalaya merupakan pendorong untuk daerah2 lainya mengembangkan wisata ini. Perlu ada nya kerjasama antara desa dan Instansi terkait.

Dengan kita menggali suatu wisata yang ada di suatu tempat, bukan tidak mungkin nantinya akan menjadi objek wisata yang disukai jika kita benar-benar ingin mengolahnya. mudah-mudahan untuk kedepanya potensi ini bisa tersalurkan di Desa Papayan. (17/11/17).

Facebook Comments