Hidup Sehat Tanpa Narkoba !!!

narkotika-homeside-source
Jenis- Jenis Narkoba

PapayanPOL- Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif yang jika dimasukan ke dalam tubuh manusia bisa mengakibatkan perubahan dalam pikiran, suasana hati, perasaan, dan tingkah laku seseorang. Istilah lain yang diperkenalkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia adalah NAPZA merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan.

yang termasuk jenis narkotika adalah:

  • Tanaman papaver, opium mentah, opium masak (candu, jicing, jicingko), opium obat, morfina, kokaina, ekgonina, tanaman ganja, dan damar ganja.
  • Garam-garam dan turunan-turunan dari morfina dan kokaina, serta campuran-campuran dan sediaan-sediaan yang mengandung bahan tersebut di atas.

Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku.

Zat yang termasuk psikotropika antara lain:

  • Sedatin (Pil BK), Rohypnol, Magadon, Valium, Mandrax, Amfetamine, Fensiklidin, Metakualon, Metifenidat, Fenobarbital, Flunitrazepam, Ekstasi, Shabu-shabu, LSD (Lycergic Syntetic Diethylamide) dan sebagainya.

Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistem syaraf pusat, seperti:

¢ Alkohol yang mengandung ethyl etanol, inhalen/sniffing (bahan pelarut).

Jenis Narkoba yang banyak disebarkan di indonesia diantaranya Ganja, Heroin, dan Kokain. Penyebaran penyalahgunaan narkoba ini sudah hampir terjaring di semua kalangan, dari kalangan remaja atau dewasa bahkan anak SD DAN SMP sudah terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba. Di Instansi Pendidikan dan Pemerintahan juga sudah banyak oknum-oknum yang menggunakan bahan berbahaya ini. Tentu hal ini bisa membuat orang tua, organisasi masyarakat, dan pemerintah khawatir.

Untuk itu, Marilah kita jauhi Narkoba agar hidup kita lebih bermakna, sehat dan berguna bagi bangsa dan negara.

 

Facebook Comments