Mata Air Ciponok

dscf4335
Mata Air Ciponok yang jernih

MATA AIR CIPONOK

Terletak di Kp. Demung Landung RT 003 RW 001, Mata Air Ciponok merupakan satu dari 8 (delapan) Sumber Mata Air yang berada di Desa Papayan.

Airnya yang jernih serta kandungan/debit air yang melimpah ruah menjadikan Mata Air Ciponok ini merupakan sumber mata air andalan masyarakat yang berada disekitar terutama apabila musim kemarau tiba.

Jalan menuju Mata Air Ciponok berupa jalan setapak sehingga hanya bisa diakses dengan M berjalan kaki, karena posisinya berada 150 m dibawah pemukiman warga dan 10 m berada diatas sungai ciwulan,  jarak yang lumayan jauh dari pemukiman membuat pemanfaatan mata air ini masih kurang optimal, hanya segelintir masyarakat saja yang memanfaatkannya.

Namun sekarang masyarakat  akan merasa sedikit lega, karena Pemerintah Desa Papayan melalui Program Pengadaan Air Minum dan Sanitasi (PAMSIMAS) bantuan Pemerintah Pusat, berencana akan mengelola mata air Ciponok ini. Sebanyak 150 rumah di Kp. Demung Landung RT 002, 003 RW 001 dan 100 rumah di Kp. Rancasari RT 001, 002 RW 003, akan segera menikmati Air Ciponok, Program Pamsimas sendiri rencananya akan terrealisasi pada bulan Januari 2017 mendatang. (23/11)

Facebook Comments